LEBIH DEKAT DENGAN ANAK AUTIS

Bagi kebanyakan orang awam mendengar kata autis merupakan kata yang asing dan langka, pasti banyak berbagai macam pikiran saat mendengar kata ‘autis’.

Asing, takut, ngeri, aneh dan tidak bisa diatur, mungkin inilah ungkapan yang terlintas dalam sebagian orang. Sebagian yang lain mungkin berpikiran anak autis adalah anak yang misterius dengan potensi yang luar biasa. Tapi apapun itu, saya akan memberikan sedikit gambaran tentang anak dengan kecenderungan autisme ini.

Anak autis memiliki dunia sendiri yang tidak dapat dijamah oleh orang normal. Anak autis juga cenderung mengurung diri dalam dunia khayalan. Hal ini menyebabkan anak ini terkadang tidak dapat memahami instruksi sederhana yang dianggap mudah bagi orang normal. Sehingga tidak jarang, anak autis ini berlarian saat pelajaran, acuh tak acuh saat ada orang yang mendekat dan bahkan menyakiti dirinya sendiri dengan menggigit atau membenturkan anggota tubuh tertentu ke tembok.

Berbagai hal di atas mungkin akan membuat anda berpikir seribu kali untuk mendekati anak autis. Tapi kawan, ekspresi ini adalah ungkapan hati dari seorang anak karena ingin sekedar ‘mendapatkan perhatian’ dari orang-orang di sekelilingnya. Memang bukan suatu hal yang mudah untuk merubah kebiasaan ini, mereka membutuhkan bantuan tidak hanya dari trainer dan keluarga tapi juga dari anda yang berada di sekelilingnya.

Apabila anda menemui anak autis di sekitar anda, cobalah sesekali ‘menanyakan nama dan hal yang dia senangi’. Atmosfer yang mendukung seperti adanya perhatian yang lebih dari sekitarnya akan membantu perkembangan. Autis bukanlah suatu penyakit yang membutuhkan obat-obatan medis, tapi anak autis hanya mengalami keterlambatan perkembangan bergantung kondisi sosialnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s