PRAKTEK MENANAM DAN KECERDASAN EMOSIONAL

Ternyata mengajarkan anak sejak dini untuk menanam dan merawat tumbuhan dapat menstimulasi kecerdasan anak.

Mengajarkan anak untuk menanam serta merawat tumbuhan dapat mendorong jiwa anak dan dapat membangun emosional yang sangat baik untuk perkembangan diri anak. Hal itu diungkapkan Psikolog Universitas Medan Area (UMA), Irna Minauli, MPsi di Medan, Kamis.

Dengan menanam bunga ataupun jenis tumbuhan lainnya, anak dapat belajar cara mengasihi, menyayangi serta peduli sesama. Ketika menanam bunga, anak terlatih untuk sabar di saat merawat bunga tersebut agar tumbuh dengan subur dan tidak mati.

Selain itu, katanya, anak juga terlatih untuk terus memperhatikan perkembangan bunga yang dirawatnya, upaya tersebut secara simultan dapat membangun kecerdasan emosional anak. Kecerdasan tersebut juga terbina dengan memelihara hewan yang disukai anak.

Hasil dari proses menanam pohon tersebut dapat berdampak pada hubungan sosial anak dengan masyarakat sekitarnya. Sehingga anak dapat membina hubungan yang baik dengan orang lain.

Bahkan, anak akan mampu beradaptasi dan saling mengerti, memahami, menyayangi serta peduli terhadap teman-temannya.

Kecerdasan emosional (emotional quotient) anak yang bagus, akan berdampak besar pada kecerdasan otak (intelligence quotient) anak. Karena dalam kehidupan kita di masyarakat tentunya yang berperan bukan hanya kecerdasan akademis akan tetapi juga kecerdasan emosi dalam menumbuhkan empati social. Namun, orangtua harus terus membimbing pendidikan anak agar kecerdasan otak tersebut terus terasah.

“Terbukti, banyak orang yang berhasil karena memiliki kecerdasan emosional,” ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s